header-int

UKM PRAMUKA KURSUS MAHIR DASAR TH.2015

Selasa, 14 Feb 2017, 12:52:24 WIB - 534 View
Share
UKM PRAMUKA KURSUS MAHIR DASAR TH.2015

Gerakan Pramuka Racana Pandega Gugus Depan Pangkalan 01.291-01.292 Undar Jombang dipercaya mengikuti   “ Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) ”  Yang diselenggarakan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa timur pada tanggal 21 – 25 agustus 2015 di PUSDIKLATDA “Argasonya” Balongbendo Kabupaten Sidoarjo yang diikuti 37 Perguruan Tinggi Swasta(PTS) se-Jawa Timur.

Materi Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD), diawali dengan hari pertama selain pembukaan dan Dinamika/Pretes/Orientasi Kursus, dalam pembukaannya Kordinator Kopertis Wilayah VII yang diwakili oleh Prof. Dr. Ali Maksum (Sekretaris Pelaksana), dalam sambutannya menuturkan bahwa Gerakan Pramuka merupakan suatu wadah Generasi muda untuk pendidikan karakter yang berbasis diluar sekolah, disamping memiliki tugas dan tanggung jawab, juga memiliki Prinsip Dasar Kepramukaan harus diupayakan dididikkan oleh Pembina Pramuka kepada peserta didik agar secara sukarela mereka memilikinya, dan secara berangsur-angsur dapat mempengaruhi jiwa mereka dalam bersikap dan bertindak pada kehidupan mereka sehari-hari, baik sebagai mahluk Tuhan, individu, maupun sebagai anggota masyarakat dan lingkungannya.

PESERTA  

 PANITIA SIBUK

ALI MAKSUM

 

 

Lebih lanjut Prof. Ali menyampaikan bahwa Memahami peserta didik, merupakan sikap pembina, Pelatih pembina Pramuka dan Pemimpin Kwartir yang harus dimiliki dan dilakukan, karena dengan mengetahui aspirasi/tuntutan peserta didik dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penyusunan program peserta didik (Prodik), maka kegiatan kepramukaan akan dapat memenuhi kebutuhan dan minat mereka, sehingga kegiatan kepramukaan yang disajikan menjadi kegiatan yang menarik dan menyenangkan, Tutur Prof. Ali.

 

Materi dihari kedua kebijakan, UU GP,PDK dan MK, serta Jiwa peran fungsi dan Tugas pendidik diakhiri dengan materi Jiwa peserta didik, siaga, penggalang dan penegak, selanjutnya Materi hari ketiga dan hari keempat Praktek baik kesiagaan , kepenegakan dan ke pandegaan serta kehidupan dewan penegak/pandega, pada hari terakhir yaitu hari kelima Praktik membina di lapangan.

 

PELANTIKAN
 

 

 

 

Undar Universitas Darul Ulum Jombang lahir pada tanggal 18 September 1965. DR. KH Musta in Romli yang telah mendirikan dan membuat bibit dalam meneruskan perjuangan bangsa dalam mencerdaskan dan mengajarkan akhlak sesuai dengan tuntunan Rosululloh Saw.
© 2017 Universitas Darul' Ulum Follow Universitas Darul Ulum : Facebook Twitter Linked Youtube