header-int

WAKIL REKTOR 3 MENGHADIRI SILATURRAHMI DAN SAFARI ROMADHON BERSAMA PANGLIMA TNI

Selasa, 14 Feb 2017, 12:46:06 WIB - 336 View
Share
WAKIL REKTOR 3 MENGHADIRI SILATURRAHMI DAN SAFARI ROMADHON BERSAMA PANGLIMA TNI

Pada hari Jumat tanggal sepuluh bulan Juni tahun dua ribu enam belas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr.Ir.H. Cholil Hasyim mewakili Rektor menghadiri Undangan Kodam V Brawijaya dalam rangka Silaturrahmi dan Safari Romadhon bersama Panglima TNI

 Digelarnya acara yang bertajuk Silaturahmi dan Safari Romadhon bersama dengan Panglima TNI dan Keluarga Besar TNI Jawa Timur merupakan suatu momentum tersendiri bagi Panglima Daerah Militer (Pangdam) V/Brawijaya, dalam membangun komunikasi dan silaturahmi dengan berbagai elemen Bangsa.

 
 

PANGLIMA TNI SAAT

MEMASUKI LOKASI ACARA
 

Selanjutnya Cholil menyebutkan dalam lanjutan rangkaian Safari Ramadan, Panglima TNI berkesempatan berbuka puasa bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur, tokoh agama, tokoh masyarakat, seribu anak yatim piatu, Taruna-Taruni Akademi Angkatan Laut serta Prajurit dan PNS TNI-Polri beserta keluarga se-wilayah Jawa Timur.Kegiatan ini dilanjutkan dengan Saalat Tarawih bersama dan pemberian tali asih berupa uang dan bingkisan kepada para anak-anak yatim piatu.

Panglima TNI Gatot Nurmantyo dalam mengawali sambutannya menyampaikan rasa terhormat kepada Guru Saya KH. Abd Shomad Bukhori (Ketua MUI Jatim), Saudara dan sekaligus kadang-kadang jadi musuh saya Gus Ipul (Wagub Prov. Jatim), dan Forpimda Jawa Timur,Tokoh Masyarakat serta seluruh hadirin yang berbahagia,  Keluarga Besar TNI merupakan salah satu komponen bangsa yang memiliki anggota sangat banyak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. “Hal tersebut menunjukkan bahwa Keluarga Besar TNI memiliki potensi besar untuk berperan aktif dalam mewarnai dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi membangun nasionalisme dan semangat bela negara,” kata Panglima di Lapangan Makodam V/Brawijaya. Jumat, 10 Juni 2016.
 SAFARI
WAREK 3 DIBELAKANG PANGLIMA TNI
BERADA DITENGAH-TENGAH TOKOH MASYARAKAT DAN PARA UNDANGAN YANG HADIR
 

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan anak merupakan investasi kekal bagi kita semuanya terutama orang tua baik sekarang maupun pada masa yang akan datang.Di hadapan para Prajurit TNI dan ribuan anak yatim piatu, Panglima TNI menyampaikan kisah inspiratif dari Dr. Arun Gandhi cucu dari Mahatma Gandhi yang menerapkan pendidikan kepada anak tanpa kekerasan. Terutama dalam menanamkan perilaku positif sebagai cerminan akhlakul karimah yaitu untuk tidak berbohong atau selalu jujur.

Lebih lanjut, Jenderal gatot memberikan contoh tentang kekhilafan orang tua dalam mendidik anak. “Misalnya, jika orang tua ditanya anak itu harganya berapa pasti selalu dijawab tidak ternilai. Tetapi terkadang jika anak salah, kita marah bahkan memukul dan tidak sadar telah melukai hati anak dan akan membekas dalam waktu yang lama,” ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Menurutnya, pendidikan anak yang paling efektif dan pasti tertanam kuat adalah pendidikan yang disampaikan hingga membekas dan tertanam kuat di bawah sadarnya. Inilah yang dikatakan investasi.

“Perlu diingat bahwa anaklah yang akan membantu kita diakhir hari nanti dengan amal solehnya,” ucapnya. Jenderal Gatot mengingatkan kepada prajurit dan keluarganya agar di bulan Ramadan ini menjadi hamba-hamba Allah yang selalu pandai bersyukur.

 Selanjutnya Panglima menyampaikan, kita tentu sama-sama sudah melihat dan merasakan bahwa salah satu tantangan terbesar bangsa kita dewasa ini adalah bagaimana terus menjaga komitmen seluruh komponen bangsa untuk tetap menjaga, merawat dan memajukan NKRI, serta bagaimana hidup berdampingan secara damai ditengah keberagaman corak kultur, suku dan orientasi politik yang berbeda-beda. “Keluarga Besar TNI tidak boleh kehilangan orientasi kebangsaan sekalipun berada dan beraktifitas diberbagai lembaga dan organisasi. Artinya, prinsip nasionalisme perlu tetap dipegang teguh dengan terus  bergerak pada Plat Form yang sama yaitu mendahulukan kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara daripada kepentingan pribadi dan golongan, apalagi di bulan suci yang penuh Rahmat dan ampunan ini” tutur Panglima dengan tegas.Selain itu, kata Panglima. Situasi dan kondisi di wilayah Jawa Timur saat ini bisa dikatakan sangat kondusif. Kendati demikian, masih banyak tantangan yang harus dihadapi oleh bangsa pada situasi dan kondisi nasional. “Tantangan tersebut meliputi persoalan ekonomi, politik, sosial dan budaya, konflik komunal, narkoba, anarkhisme, radikalisme dan terorisme. Hal ini kalau tidak segera mendapatkan solusi dengan cepat tentunya akan sangat membahayakan bagi keberlangsungan kehidupan bangsa dan negara kita,” terangnya.
 
WAREK 3 
BERSAMA UNDANGAN LAINNYA
 

Tak hanya itu, yang menjadi perhatian bagi kita semua adalah bagaimana kita berupaya bersama-sama membantu pemerintah dalam rangka mensukseskan program Swasembada Pangan menuju terwujudnya Ketahanan Pangan Nasional. “Kodam V/ Brawijaya merespon hal tersebut dengan melaksanakan serbuan teritorial. Hal ini merupakan salah satu tugas penting dari TNI AD khususnya Kodam V/Brawijaya yang perlu saya sampaikan kepada Keluarga Besar TNI, termasuk kegiatan lainnya yang berhubungan dengan penyelenggaraan Pembinaan Teritorial (Binter), seperti kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh aparat teritorial dalam rangka percepatan terwujudnya Swasembada Pangan,” tegas Panglima.

Lebih lanjut Panglima menyampaikan bahwa Silaturahmi seperti ini harus terus kita tingkatkan dan tidak berakhir pada saat acara seperti ini saja, tetapi alangkah indahnya bila dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kedinasan maupun dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga kondisi di wilayah Kodam V/Brawijaya menjadi lebih harmonis, aman dan kondusif.Pada akhir sambutannya Panglima menyampaikan terima kasih kepada KH. Abd. Shomad Bukhori , yang telah berkenan meluangkan waktu untuk hadir memberikan siraman rohani, serta tidak lupa Panglima mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya di bulan suci Ramadhan 1437 H. Semoga Allah Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk, dan perlindungan-Nya kepada kita sekalian.

Di tempat yang sama KH. Abd. Shomad Bukhori selaku penceramah menyampaikan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk memberi siraman rohani dan dalam tauziahnya KH. Abd. Shomad menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat mulia karena berkaitan dengan hubungan antara manusia dan Allah SWT serta hubungan antara sesama manusia, oleh karena itu dibulan Romadhon ini kita harus bersama-sama mampu menahan apa saja, termasuk menahan hawa nafsu, karena bulan ini merupakan bulan suci, bulan yang penuh Rohmat bulan yang penuh barokah,bulan yang penuh ampunan dan Alloh menjauhkan dari Api neraka semoga dengan manfaat berpuasa seluruh yng hadir khususnya para Prajurit Kodam V/Brawijaya diberi kekuatan dan keselamatan dalam mengemban tugas negara, ucap KH. Abd. Shomad mengakhiri tauziahnya. Sebelum mengakhiri rangkaian acara, Pangdam berkesempatan menyantuni anak yatim piatu dari Yayasan Sakinah Wonokitri dan Yayasan Yapika Tandes.
 

Undar Universitas Darul Ulum Jombang lahir pada tanggal 18 September 1965. DR. KH Musta in Romli yang telah mendirikan dan membuat bibit dalam meneruskan perjuangan bangsa dalam mencerdaskan dan mengajarkan akhlak sesuai dengan tuntunan Rosululloh Saw.
© 2017 Universitas Darul' Ulum Follow Universitas Darul Ulum : Facebook Twitter Linked Youtube