VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN

VISI

“ Menjadikan Universitas Unggul dalam pengembangan iptek, Imtaq dan sumberdaya manusia yang berdasarkan nilai-nilai keislaman ”

Visi tersebut diharapkan dapat dicapai pada tahun 2029.

Dalam Visi UNDAR ini Jelas bahwa semua disiplin keilmuan akan dikembangkan, didorong dan difasilitasi untuk meraih kepeloporan dan keunggulan. Visi tersebut menyiratkan  tekad kuat dari seluruh sivitas untuk menjadikan UNDAR sebagai lembaga pendidikan tinggi yang terpandang, berwibawa baik pada tataran nasional maupun internasional sehingga mampu memberikan inspirasi dan menjadi rujukan kebijakan pendidikan nasional.

MISI

  • Melaksanakan Pengembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi berdasarkan nilai-nilai keislaman.
  • Melaksanakan Pengembangan Iman dan Taqwa berdasarkan nilai-nilai keislaman.
  • Melaksanakan Pengembangkan sumberdaya manusia (SDM) berpengetahuan, berakhlaqul karimah dan berjiwa interpreunership, berdasarkan nilai-nilai keislaman.
  • Melaksanakan dan Memberi arah perubahan dalam rangka membangun masyarakat Indonesia menuju manusia yang utuh lahir dan batin

Pokok-pokok pikiran tentang visi dan misi di atas dapat dijabarkan sebagai berikut.

(1). Universitas Unggulan

Pengertian Unggulan adalah bahwa keberadaan dan produk yang    dihasilkan    Universitas   Darul   ‘Ulum Jombang mempunyai daya saing dan diakui, dibutuhkan dan dijadikan sebagai alternatif utama oleh masyarakat, baik tingkat lokal, nasional, regional, maupun internasional.

(2). Pengembangan ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) berdasarkan nilai-nilai keislaman.

Pengertian pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berdasarkan nilai-nilai keislaman adalah upaya Universitas Darul ‘Ulum Jombang untuk mengembangkan ipteks didasarkan atas tauhid (kesadaran tentang kesatuan antara pengetahuan dan nilai), ‘ilm (rasional-transendal, objektif, kritis, inovatif, kreatif, terbuka), amanah (kejujuran), berorientasi pada ‘adl (kesejahteraan manusia), khalifah (ketinggian kodrat dan martabat manusia), istishlah (kesejahteraan alam semesta) dalam rangka ‘ibadah (pengabdian manusia pada Tuhan).

(3). Pengembangan Iman dan Taqwa ( IMTAQ) berdasarkan nilai-nilai keislaman.

Pengertian pengembangan Iman dan Taqwa (IMTAQ) berdasarkan nilai-nilai keislaman adalah Upaya Universitas Darul Ulum jombang untuk mengembangkan Iman dan Taqwa seluruh Civitas Akademika berdasarkan nilai-nilai Agama Islam yang dijabarkan oleh pendiri Universitas Darul Ulum dalam nilai-nalai Trisula yaitu Taat, Sabar, Tekun, Jujur dan Ikhlas.

(4). Pengembangan sumberdaya manusia berdasarkan nilai-nilai keislaman.

Pengertian pengembangan sumberdaya manusia berdasarkan nilai-nilai keislaman adalah upaya Universitas Darul ‘Ulum Jombang untuk mengembangkan sumberdaya manusia yang berakhlaq karimah (berbudi pekerti luhur), sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Agama Islam dan ajaran Trisula  (Taat, Sabar, Tekun, Jujur dan Ikhlas) yaitu suatu ajaran yang dipakai oleh seluruh Civitas Universitas Darul Ulum sebagi pedoman hidupnya, dan selalu peka terhadap kebutuhan masyarakat, inovatif dan kreatif dalam memecahkan masalah. Aspiratif, antisipatif dan progresif terhadap tantangan masa depan

TUJUAN

Pencapaian visi dan keterlaksanaan misi tersebut diharapkan dapat mewujudkan tujuan Universitas sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa, menguasai IPTEKS, professional, kreatif, inovatif, bertanggung jawab, dan mandiri menuju terwujudnya masyarakat utama.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian sebagai landasan penyelenggaraan pendidikan dan mengembangkan IPTEKS.
  3. Menghasilkan, mengamalkan, mengembangkan, dan menyebar luaskan IPTEKS dalam skala regional, nasional dan internasional.
  4. Mewujudkan pengelolaan yang terencana, terorganisir, produktif, efektif, efisien dan terpercaya untuk menjamin keberlanjutan universitas.
  5. Mewujudkan civitas akademika yang mampu menjadi teladan dan kehidupan masyarakat.
  6. Menjalin kerjasama dengan pihak lain dalam lingkup regional, nasional dan internasional untuk pengembangan pendidikan dan penelitian.

SASARAN

Sasaran Universtas Darul ‘Ulum dan strategi pencapaiannya sebagai berikut.

Berdasarkan Visi, Missi UNDAR tersebut menyiratkan tekad kuat dari seluruh sivitas untuk menjadikan UNDAR sebagai lembaga pendidikan tinggi yang terpandang, berwibawa baik pada tataran nasional maupun internasional sehingga mampu memberikan inspirasi dan menjadi rujukan kebijakan pendidikan Tinggi nasional. Berdasarkan Visi, Misi dan Tujuan Universitas Darul ‘Ulum maka disusunlah Rencana Strategis Universitas Darul ‘Ulum Tahun 2014-2019.

Adapun Rencana Strategis yang ingin dicapai dalam merealisasikan Visi, Misi dan tujuan Universitas Darul ‘Ulum yakni :

  1. Strategi Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pengajaran : Dengan Membuat proses Pendidikan dan Pengajaran yang lebih efisien dan produktif dengan mengoptimalkan sumberdaya yang dimiliki serta meningkatkan kualitas akademik, profesionalisme, kepribadian dan kemampuan sosial, guna mencapai keunggulan kompetitif.
  2. Strategi Peningkatan Penelitian dan Pengembangan : Meningkatkan lembaga penelitian dan peneliti berbakat agar penelitian yang dihasilka dapat bermutu dan dikelola  secara baik. sehingga melahirkan karya penelitian dan inovasi yang unggul dan memperoleh pengakuan secara Nasional dan Internasional.
  3. Strategi Pengembangan Pengabdian pada Masyarakat : Mendorong terwujudnya pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan sinergis dengan pembangunan di masyarakat, sehingga hasil pengabdian masyarakat yang terkait dengan pendidikan dan penelitian dapat memberdayakan masyarakat luas.
  4. Strategi Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni : Dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas rekruitmen Mahasiswa dan kegiatan kemahasiswaan untuk mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dalam menuju keunggulan kompetitif dan Meningkatkan kualitas lulusan yang relevan dengan kompetensi masing -masing program studi.
  5. Strategi Pengembangan Modernisasi Kampus dan Fasilitas: Yaitu dengan Melakukan modernisasi kampus dan fasilitas berstandar Nasional dengan memantapkan sistem manajemen fasilitas berdasarkan penjaminan mutu yang meliputi pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan dan pengamanan secara sistemik dan komprehensif.
  6. Menyempurnakan sistem informasi manajemen universitas yang lengkap, akurat dan mutahir dengan mengembangkan infrastruktur serta sistem informasi akademik dan manajemen berbasis ICT.
  7. Strategi Penataan Kelembagaan dan Sistem Managemen: yaitu dengan melakukan pembaharuan sistem tatanan kelembagaan dan pengelolaan universitas yang efisien dan efektif, serta memiliki akuntabilitas yang mantap untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat.
  8. Strategi Penataan Sumberdaya Manusia: yaitu dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemanfaatan SDM, rekrutmen pegawai universitas dan peningkatan karir SDM terutama tenaga akademik secara selektif sesuai dengan kebutuhan nyata universitas.
  9. Strategi Pengembangan Usaha: yaitu dengan memanfaatan dan pengembangan aset universitas untuk menghasilkan pendapatan sebagai dana pendamping pendapatan Universitas serta sebagai pusat pengembangan karir mahasiswa.
  10. Strategi Peningkatan Kesejahteraan; yaitu dengan meningkatan kesejahteraan bagi seluruh pegawai Universitas dengan pengembangan sistem kesejahteraan yang dapat memotivasi peningkatan kinerja tenaga akademik maupun non-akademik
  11. Strategi Peningkatan dan Pengokohan Kehidupan Beragama : Yaitu dengan meningkatkan penguasaan ilmu agama dengan menyelenggaraan program pengembangan dan pengokohan kehidupan beragama
  12. Strategi Bidang Peningkatan Citra dan Kerjasama; dengan Mengembangkan citra lembaga dan kerjasama yang bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman masyarakat tentang visi, misi, program, dan keunggulan UNDAR, serta menjalin komunikasi sosial dengan masyarakat profesi serta masyarakat umum, agar mampu untuk menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi, Lembaga negara dan Swasta baik didalam maupun diluar negeri.