Dengan Prokes Ketat, UNDAR Jombang Gelar Wisuda Tatap Muka

Suasana prosesi wisuda di UNDAR Jombang

Rapat Terbuka Senat Universitas Darul ‘Ulum (UNDAR) Jombang dalam rangka Wisuda Sarjana dan Pasca Sarjana. Dihadiri Ketua dan Keluarga besar Dewan pembina yayasan Darul Ulum Jombang, Ketua Yayasan Darul Ulum, Rektor dan Wakil Rektor UNDAR, Staf Ahli, Perwakilan Polres dan Kodim 0814, Keluarga besar UNDAR, Wisudawan dan Wisudawati beserta Pendamping. Bertempat di Auditorium KH. Romli Musta’in UNDAR Jombang dengan protokol kesehatan yang ketat. Sabtu (30/10/2021)

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah VII Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Soeprapto, DEA, menyampaikan UNDAR di tahun 1970 merupakan pendidikan yang sangat eksis dan terkenal di kalangan pendidikan. UNDAR juga masih memiliki lingkungan dan ruangan yang bagus, kedepan ditargetkan akan lebih maju dari saat ini yang tentunya diiringi dengan usaha dan do’a. Perguruan Tinggi dalam pelaksanaannya harus memperhatikan aspek substantif dan aspek formalitas yang saling terhubung, karena harus mengejar mutu dan pengakuan dari pemerintah dan masyarakat yang tercatat lulusannya. 

“Kementrian saat ini yang berada dalam revolusi industri 4.0 menuntut banyak hal pada pelaksanaan perguruan tinggi, diantaranya harus disupport karena perkembangan eksponensial sangat dinamis dan cepat disegala aspek, termasuk pelaksanaan pendidikan yang bagus, baik dari sarana, teknologi dan dosennya agar tidak tertinggal. Perjuangan harus terus berlanjut agar UNDAR lebih maju lagi,” ajaknya.

Sedangkan kegiatan akademik yang sudah berjalan di UNDAR Jombang sudah baik dengan  menghasilkan produk lulusan yang baik, untuk itu jangan berhenti pada posisi tersebut. Tapi tantangan di luar itu lebih besar oleh sebab itu diharapkan harus mampu mengembangkan hal-hal yang sudah didapatkan oleh UNDAR dan juga ditingkatkan lagi supaya semua bisa beradaptasi dengan masyarakat yang sesungguhnya. 

“Jadi nanti apabila mahasiswa-mahasiswa terjun langsung pada masyarakat bisa beradaptasi dan bisa menjadi pemenang di tengah kehidupan masyarakat. Selain itu menjadi mahasiswa yang bisa mempunyai kompetensi, skill, dan kemampuan terhadap dinamika di luar. Selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang di wisuda, sehingga dapat memanfaatkan ilmunya di kalangan masyarakat, semoga UNDAR semakin maju dari tahun ke tahun dan akan mengalami kejayaannya,” ucapnya

Sementara itu, Gus Mujib dalam orasi ilmiahnya menyatakan bahwa jangan lupa hidup itu dibikin bahagia, yang ditopang oleh Trisula yang ada di kampus. Kalau di UNDAR Jombang yang diajarkan pada Trisula yakni sabar, ikhlas, jujur dan taat pada guru .

“Dengan nilai-nilai keagamaan yang sudah diterapkan sejak awal di kampus ini diharapkan ada dua hal yang bisa dihasilkan begitu mahasiswa keluar yakni kemampuan akademis dan kemampuan keagamaan. Saya berpesan kepada semua,  jangan pernah bersandar pada manusia tapi tetap ikhtiar tetap berusaha dan serahkan semuanya kepada Allah,” pesannya.

Di tempat yang sama, Rektor UNDAR Jombang Dr. H. Amir Maliki Abitolkha, M.Ag. menyampaikan keberadaan lembaga perguruan tinggi di Jombang sangat penting, karena Jombang merupakan tempat lahirnya perjuangan santri seluruh Indonesia dan menjadi sejarah perjalanan bangsa yang melahirkan tokoh-tokoh bangsa yang diharapkan mampu menjadikan kemajuan di Jombang. Sedangkan UNDAR memiliki sejarah hebat dan besar dengan slogan “Dari Thariqat untuk Indonesia”, sehingga mampu bertahan hingga saat ini karena salah satu pilar utamanya adalah Thariqat. UNDAR adalah kampus besar dan alumninya tidak boleh berkecil hati untuk lebih membesarkan UNDAR dengan mengajak orang sekitar menjadi mahasiswa di UNDAR.

Bagi wisudawan/wisudawati sangatlah penting dan luar biasa karena menjadi momentum yang akan mewarnai sejarah dalam hidup masing-masing serta menjadi poin untuk mengarungi hidup sepanjang hayat. Kedepan UNDAR akan menjadi kampus tarekat yang profesional dan para dosen pengajarnya akan relevan sesuai dengan prodi gelar yang didapatkan. 

 “Jadikan ilmu yang kalian dapatkan menjadi bekal dalam hidup bermasyarakat serta mampu menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan bisa berguna bagi umat. Sedangkan ni ada mahasiswa yang diwisuda ada 413 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Ekonomi ada 58, Hukum 88, Fisipol 20, PAI 19, KIP 23, Teknik 121, Psikologi 20, Pertanian 7, MIE 23 dan MPdI 36,” tandasnya.

Sumber : mediapetisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *